Friday, June 27, 2008

Kesenian Tradisional Iringi PDP ke KPU

Ribuan pendukung Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) berjalan dari Budaran Hotel Indonesia ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jl Imam Bonjol Jakarta Pusat, Minggu siang, untuk mengantar pengurus partai tersebut mendaftar sebagai peserta Pemilu 2009.

Akibatnya, arus lalu lintas di Jl. Sudirman, Jl. Thamrin, dan Jl. Imam Bonjol Jakarta macet total.

Berbagai kesenian tradisional nampak ikut mengiringi perjalanan massa pendukung PDP itu ke Kantor KPU.

Kesenian tradisional yang mengiringi antara lain reog, kesenian dari Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Jawa Barat, barongsai dan juga drumband.

Ribuan pendukung PDP yang mengenakan kaos berwarna merah datang menggunakan puluhan bus sedang, bus besar, juga kendaraan pribadi dan lainnya.

Massa kemudian memadati jalan di depan Kantor KPU yakni Jl Imam Bonjol sehingga memacetkan arus lalu lintas di hari libur tersebut.

Hingga Sabtu (10/5) pukul 15.00 WIB dari 67 partai politik yang mengambil formulir, sebanyak 23 patai telah mengembalikan formulir pendaftaran peserta Pemilu ke KPU.

"Hari ini (Sabtu) cuma satu partai yang datang memasukkan formulir pendaftaran yakni Partai Bintang Reformasi," kata Sekretaris Panitia Verifikasi KPU Nanik Suwarti, Sabtu (10/5).

Situasi pada hari Sabtu itu berbeda dengan situasi pengembalian formulir pada hari Jumat (9/5).

"Kemarin (Jumat) semarak benar di sini. Ada partai yang datang dengan iring-iringan barisan kader berpakaian adat, ada yang diiringi musik tradisional," ungkap Edhi Rahardjo seorang petugas piket penerimaan formulir pendaftaran partai calon peserta Pemilu 2009.

Edhi memperkirakan pada Minggu (11/5) dan Senin (12/5) banyak pengurus partai berdatangan ke KPU.(*)

No comments: