Friday, June 27, 2008

PDP Dan Partai Demokrat Terbuka Bagi Caleg Etnis Tionghoa

20 Juni 2008 | 14:57 WIB

Medan ( Berita ) : Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) dan Partai Demokrat menyatakan diri terbuka bagi para calon anggota legislatif (caleg) dari WNI keturunan Tionghoa.

“Kita terbuka untuk siapa saja, termasuk untuk caleg dari kalangan etnis Tionghoa. Partai kita tidak mamandang suku, agama atau ras,” kata Pelaksana Harian Ketua Pimpinan Kolektif Provinsi (PKP) PDP Sumatera Utara, Marlon Purba, di Medan, Kamis [19/06] .

Hal yang sama juga dikemukakan Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Ahmad Ikhyar Hasibuan. Menurut dia, partainya memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada tokoh-tokoh etnis Tionghoa untuk mencalonkan diri menjadi caleg.

“Pada dasarnya kita selalu terbuka untuk etnis Tionghoa, apalagi saat ini banyak diantara mereka yang terbukti memiliki potensi besar,” katanya.

Marlon Purba bahkan menyatakan partainya sangat serius melirik etnis Tionghoa untuk ditempatkan sebagai caleg. “Kita bahkan telah melakukan pendekatan-pendekatan kepada mereka sebagai persiapan menghadapi Pemilu 2009,” katanya.

Ia juga menekankan partainya tidak membedakan antara masyarakat pribumi dengan etnis Tionghoa. Bahkan, menurut dia, sejumlah pengurus PDP di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota juga diisi warga kuturunan Tionghoa.

Menurut dia, selama ini etnis Tionghoa di Indonesia cenderung terpinggirkan dalam dunia politik. Hal serupa diharapkan tidak terjadi lagi di masa datang, karena warga negara memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memilih dan dipilih.

“Sudah saatnya kita memberi kesempatan kepada mereka untuk ikut mengawasi kinerja pemerintah melalui lembaga legislatif dan bukan hanya berperan di belakang layar,” katanya.

Sedangkan Ahmad Ikhyar Hasibuan menegaskan partainya cenderung merekrut tokoh Tionghoa yang benar-benar siap menjadi wakil rakyat.

Partai Demokrat, katanya, tidak akan pernah menempatkan orang-orang yang hanya memiliki ambisi tanpa komitmen yang jelas. “Jadi, siapapun termasuk etnis Tionghoa, kalau memang benar-benar ingin menjadi kader partai dan wakil rakyat, kita siap mencalonkannya,” katanya. ( ant )

No comments: