Friday, June 27, 2008

PDP Targetkan 20 Juta Pemilih

TEMPO Interaktif, Semarang:Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) mentargetkan 20 juta pemilih dalam pemilihan umum 2009 mendatang. Koordinator Pimpinan Kolektif Nasional Partai Demokrasi Pembaruan (PKN-PDP), Laksamana Sukardi, menyatakan target tersebut akan bisa tercapai jika partai yang baru berumur enam bulan ini bekerja keras melakukan konsolidasi di tingkatan rakyat.

"Kita harus bekerja keras untuk membentuk kader-kader di tingkatan bawah," katanya pada acara pembukaan Rakernas I PDP, di Lapangan Tri Lomba Juang, Semarang, kemarin

Untuk mendukung target itu, kata Laksamana, PDP akan mencetak sebanyak 2 juta kader militan yang menjadi kader penggerak partai. Dua juta kader itu, kata dia, diharapkan bisa membawa 10 orang calon pemilih. "Sehingga target 20 juta pemilih dalam Pemilu 2009 bisa tercapai," katanya. Selain itu, PDP juga mentargetkan pada pertengahan tahun 2007 pengurus di tingkat kelurahan di seluruh Indonesia sudah terbentuk.

Laksamana juga membantah jika PDP hanya akan menjadi partai gurem. "Kami menolak jika dikatakan hanya akan mampu meraih 2 persen dalam pemilu mendatang. Kalau hanya sebesar itu lebih baik tidak mendirikan partai karena buang-buang energi saja," katanya. Saat ini, kata Laksamana, PDP tingkat provinsi sudah terbentuk di 33 provinsi.

Selain itu, partai yang lahir dari sempalan PDIP ini secara tegas menolak kepemimpinan model terpusat kepada satu tokoh. "Sebagai partai modern maka tidak akan ada kepemimpinan atas dasar pertimbagan tokoh kharismatik," kata Laksamana yang disambut tepuk tangan kader PDP.

Menurut bekas pengurus PDIP ini, seluruh keputusan yang menyangkut partai tidak hanya diputuskan oleh satu orang tokoh tapi diputuskan oleh seluruh anggota pimpinan kolektif yang banyaknya mencapai 32 orang.

No comments: